FIELTRIP GRADE 4 GOES TO MUSEUM BI & KERAMIK

Murid SD Islam Al-Azhar 4 Kebayoran Lama kelas 4 melakasanakan fieldtrip ke dua tempat yaitu Museum Bank Indonesia dan Museum Keramik. Alhamdulillah, kami mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran dan keselamatan selama kegiatan field trip yang telah kita laksanakan. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi anak-anak untuk belajar di luar kelas, serta memperluas wawasan mereka melalui pengalaman langsung.

Museum BI terletak di bekas gedung De Javasche Bank di Kota Tua Jakarta, lokasi yang sarat dengan nilai sejarah. Pemerintah menetapkan tempat ini sebagai bangunan cagar budaya sesuai dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Bank Indonesia menyajikan segudang pengetahuan tentang peran dan kontribusi Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah Indonesia, sekaligus menguraikan motivasi di balik kebijakan Bank Indonesia dari masa ke masa. Murid- murid belajar menyaksikan perkembangan uang dan transaksinya dari masa- masa, sampai perkembangan transaksi dengan QR-code yang sangat kita kenal pada zaman ini.

Museum Keramik murid menyaksikan dab mempelajari pameran keramik tradisional hingga karya seni modern memberikan gambaran komprehensif tentang kekayaan budaya keramik Indonesia. Murid juga diberi kesempatan membuat kendi dari tanah liat sesuai kreativitas kelompok masing – masing.

Museum ini juga menampilkan beragam keramik dari mancanegara mulai abad 16 sampai dengan awal abad 20, di antaranya keramik dari Thailand, Tiongkok, Jepang, Vietnam, dan Eropa.

Murid – murid sangat antusias mengikuti kegiatan fieltrip dengan menunjukkan sikap yang baik dan rasa ingin tahu yang tinggi, yang membuat kegiatan ini menjadi lebih bermakna. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan menjadi salah satu momen yang berkesan dalam proses belajar kalian. Mari kita terus bekerja sama untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi anak-anak kita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *