Manasik Haji SD Islam Al Azhar 4 Kebayoran Lama Grade 6

Manasik haji adalah rangkaian simulasi haji sebelum benar-benar melaksanakan ibadah di Makkah hanya sebagai latihan, sebagai bentuk pembelajaran mengenai rukun Islam yang kelima ini.
Ibadah yang luar biasa dan kompleks karena membutuhkan kekuatan fisik mental dan finansial yang secara logika tidak mungkin dapat dilaksanakan oleh orang yang tidak memiliki uang banyak, namun bagi kita yang beriman hal itu sangat mungkin karena bagi Allah SWT sang penguasa alam ini sangatlah mudah dan berkuasa. Tidak ada yang tidak mungkin jika sudah dikehendaki menjadi tamu Allah SWT, dengan bermacam-macam skenario kehidupan.

Alhamdulillah pelaksanaan manasik haji SD Islam Al-Azhar 4 telah dilaksanakan pada sabtu, 18 November 2023 dengan tema “Melalui Manasik Haji Kita Tanamkan Nilai-Nilai Islami dan Tata Cara Ibadah Sejak Dini”. Praktek manasik untuk jenjang kelas 6 yang bertempat di Lapangan sekolah Al-Four dan disetting semirip mungkin dengan pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya dengan properti petunjuk, simbolik bangunan ka’bah, memakai baju ihrom, miqot niat haji dan umroh, thoawaf mengelilingi ka’bah, sai dari bukit shofa dan marwa, tahalul atau menggunting rambut, wukuf di arofah, mabit mencari kerikil di muzdalifah, lempar jumrah Ula wustho dan aqobah di Mina, serta thowaf ifadah sebagai akhir kegiatan manasik ini.

Diantara tujuan kegiatan Manasik Haji ini, antara lain yaitu; Memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada murid-murid, memberi motivasi kepada murid dan orang tua yang sudah mampu untuk melaksanakan rukun islam ke lima tersebut, karena anak-anak memiliki daya ingat yang kuat diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji.

Semoga kegiatan manasik haji ini akan lebih mendekatkan seorang hamba kepada Rabb-Nya, Allah SWT dan tersampainya panggilan ke Baitullah sebagai tamu Allah SWT. Mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat melimpah yang diberikan Allah SWT. Melihat kebesaran Allah SWT sehingga akan menambah kualitas keimanan dan ketakwaan. Menyaksikan beberapa peninggalan sejarah berupa bangunan atau tempat-tempat bersejarah.

Kunjungi media sosial kami untuk melihat berbagai kegiatan dan berita terbaru lainnya, Terima kasih banyak.

Instagram : https://www.instagram.com/sdialazhar4kebayoranlama/

INSTAGRAM : sdialazhar4kebayoranlama


Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=5gv691BhnVY

YOUTUBE : Al Azhar 4 Jakarta

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *